Oleh : Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc.
Mobile : 0817188831
Mobile : 0817188831
Pemilik kapal dan masyarakat maritime Indonesia yang saya
banggakan. Hadir kembali saya disini membahas soal biaya perbaikan kapal
di galangan kapal. Seperti diketahui bersama bahwa pemilik kapal merasa
ketakutan dengan biaya perbaikan di galangan kapal. Tidak bisa
dipungkiri lagi ini memang. Biaya docking kapal memang besar itulah
resiko memiliki kapal, namun pendapatan sebagai pemilik kapal juga bisa
relative besar.
Filosofi bisnis berikut ini kadang bisa diaplikasikan yaitu
“High risk, high return”. Pemilik kapal adalah usaha yang memiliki
resiko yang sangat tinggi namun memiliki pendapatan yang bisa fantastis.
Saya coba mengurai apa saja sebenarnya biaya-biaya yang harus
dikeluarkan oleh seorang pemilik kapal saat kapalnya menjalani docking.
Biaya docking untuk kapal bangunan baru sangat berbeda dengan biaya
docking untuk kapal yang menjalani proses perbaikan kapal. Berikut ini
saya coba mengurai biaya-biaya docking kapal untuk perbaikan kapal?
Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap pemilik kapal pasti
akan mengalami situasi berbeda-beda, ini tertgantung pada jenis kapal
yang dioperasikan dan jenis kerusakan kapalnya. Misalnya saja pemilik
kapal tanker akan berbeda dengan pemilik kapal jenis kapal container.
Jadi biaya perbaikan kapal harus disadari sangat bervariasi bila kita
bandingkan dari satu pemilik kapal dan pemilik kapal lainnya. Disamping
itu biaya perbaikan kapal juga ditentukan berdasarkan lokasi di mana
kapal diperbaiki dan lokasi dimana bagian kapal diperbaiki dan berapa
besar volume pekerjaan perbaikannya.
Namun berdasarkan pengalaman para praktisi dan secara garis
besar disimpulkan beberapa jenis biaya pengedokan untuk perbaikan kapal
yang dapat dirinci sebagai berikut:
1. Biaya jasa asistensi kapal yang diberikan oleh
galangan kapal. Layaknya UGD di Rumah sakit bahwa biaya kereta dorong
itu ada atau gratis. Biaya ini dikeal dengan Docking pilot fees. Karena
pekerjaan ini sangat beresiko, kapal bisa mengalami benturan dengan
obyek lainnya di galangan. Kadang-kadang biaya ini juga dapat
ditimbulkan dari biaya kepanduan pelabuhan sebagai biaya tambahan. Hal
ini dilakukan misalnya kapal besar dan kapal yang sulit melakukan olah
gerak pada lokasi galangan yang sempit.
2. Biaya sewa ruang parker galangan dan ruang galangan
dikenal dengan dock space. Di Indonesia jumlah galangan masih sekitar
254an galangan kapal data dari Kementerian Perindustrian, sementara
jumlah kapal yang harus melakukan pengedokan berkala adalah 21000an
kapal data dari Biro Klasifikasi Indonesia. Betapa besarnya kebutuhan
akan dock space galangan kapal di Indonesia. Ini semua adalah biaya yang
harus dikeluarkan oleh pemilik kapal.
3. Biaya penyediaan listrik darat atau biaya Hook-ups
untuk mendapatkan daya listrik. Biaya penyediaan listrik darat ini harus
dilakukan karena kapal sudah tidak bisa lagi menjalankan generator
kapal). Kapal akan ketergantungan dengan galangan kapal.
4. Biaya menggunakan dan supply akan kebutuhan saluran
air bersih baik untuk kepentingan perbaikan kapal atau untuk kepentingan
personil kapal, kebutuhan supply saluran atas pemindahan limbah-limbah
kapal atau saluran untuk mendapatkan supply air minum, dll
5. Biaya-biaya dukungan dari galangan kapal dan fasilitas-fasilitas yang harus disediakan oleh galangan.
6. Biaya penyelaman untuk memeriksa posisi kapal di atas
keel block saat galangan kapal airnya dikuras dari graving dock (bila
perbaikan kapal dilakukan di atas galangan kapal jenis graving dock).
Untuk galangan kapal jenis lainnya, misalnya slipway atau floating dock
tidak membutuhkan biaya tersebut namun membutuhkan biaya lainnya.
7. Biaya penyediaan scaffolding (perancah) kapal untuk
memberi fasilitas bagi para pekerja dan owner surveyor, QC galangan
kapal dan class surveyor untuk dapat mengakses lebih dekat ke lambung
kapal atau masuk ke dalam kapal.
8. Biaya pelayanan crane (derek) yang biasanya sangat
dibutuhkan saat kapal diatas kapal guna mobilitas kapal ke atas dok,
mobilitas material, komponen dan permesinan, dll, dan biaya crane ini
terkadang digunakan untuk kapal memulai naik dok sampai kapal keluar
dari galangan kapal. sudah bisa dihitung lamanya waktu penggunaan dan
biaya per harinya.
9. Biaya penanganan dan penyimpanan untuk suku cadang
kapal atau cat kapal, dll. Kadang pemilik kapal perlu menyewa gudang
tersendiri.
10. Biaya yang berupa penggantian bagian-bagian kapal yang
hilang atau mengalami kerusakan termasuk jasa-jasanya bila menggunakan
pihak ketiga.
11. Biaya pekerja di galangan kapal biasanya dengan satuan
"per jam kerja orang", termasuk jam kerja yang diperlukan waktu
perpanjangan atau waktu ekstra (lembur) baik untuk personil galangan
atau personil perusahaan pelayaran dan personil pendukung kapal.
12. Untuk pekerjaan perbaikan kapal yang dalam jumlah
volume besar, biasanya membutuhkan waktu t-yang agak lama. ABK
kadang-kadang harus dipindahkan dari kapal ke hotel untuk alasan seperti
penggunaan AC yang mati karena tidak ada generator, terjadinya
kebisingan 24 jam saat kapal diperbaiki, beberapa bahaya, banyak limbah
yang timbul dan cairan lainnya.
13. Biaya-biaya resmi yang dikeluarkan invoice resmi yang
harus dikeluarkan untuk pemeriksaan oleh marine inspector atau class
surveyor.
14. Biaya sea-trial (uji coba kapal) yang sangat diperlukan
setelah periode pengedokan kapal, bila kapal masih terdapat masalah
maka perlu kapal harus naik dok kembali.
15. Biaya docking lainnya misalnya: biaya keagenan,
biaya-biaya transportasi untuk mobilitas ABK, biaya keamanan kapal dan
spare part kapal, dll.
16. Biaya kompas magnetic dan compasseren yang membutuhkan
perhatian setelah pengedokan. Hal ini dilakukan oleh petugas navigator
atau teknisi kompas. Tentunya ini membutuhkan biaya tersendiri.
17. Biaya penurunan perancah. Tentu saja, sebagian besar
biaya penurunan peranca ini terjadi pada saat kapal docking dan saat
meninggalkan galangan kapal misalnya kapal harus membayar biaya untuk
menurunkan kembali perancah.
18. Biaya pajak. Salah satu biaya yang paling utama yang
wajib dikeluarkan oleh pemilik kapal yaitu biaya pajak sekian pesen
total tagihan galangan kapal untuk pekerjaan.
Semoga bermanfaat
Komentar
Posting Komentar