Mobile : 0817188831
Pemilik kapal dan galangan kapal yang saya
banggakan. Harus kita sadari bahwa pengeluaran terbesar bagi pemilik kapal atau
investor kapal setelah proses pembelian kapal adalah biaya pengedokan kapal
(docking). Baik itu docking kapal dalam rangka mempertahankan class misalnya
pengedokan kapal bersamaan dengan Survey antara (30 bulan) atau Survey
pembaruan kelas (60 bulan). Atau biaya docking dalam rangka docking emergency
karena tabrakan atau kapal rusak atau bocor. Biaya pengedokan bila dihitung
adalah sangat signifikan besarnya. Biaya pengedokan ini dapat mempengaruhi
biaya operasional kapal. Jika biaya docking tidak dikendalikan dan ditangani
dengan serius, dengan benar dan dengan professional, maka biaya pengedokan bisa
mengganggu cash flow perusahaan pelayaran.
Banyak pemilik kapal atau investor kapal yang
mengalami biaya docking kapalnya jauh lebih besar daripada biaya docking kapal
sesuai dengan yang diperkirakan dan biasanya owner superintendent atau
manajemen perusahaan hanya mempunyai pengalaman yang minim dalam siklus 5
tahun dan mempunyai data pekerjaan pengedokan pada tiga atau empat pekerjaan
docking untuk satu kapalnya dalam siklus lima tahun.
Oleh karena itu, tanpa kontrol yang ketat dari
pihak manajemen, pengalaman biaya docking yang mahal ini terhadap semua
pekerjaan di galangan kapal tak akan bisa terelakkan lagi dan dapat memberi
dampak signifikan yang negative pada keuangan perusahaan. Buktinya ada beberapa
perusahaan pelayaran yang sampai tidak bisa membayar biaya docking.
Dalam memutuskan untuk melakukan pengedokan kapal
maka perusahaan harus memiliki tenaga yang memang mempunyai keahlian perihal
pekerjaan galangan. Tidak bisa dianggap gampang saja. Perusahaan harus memiliki
dan mengetahui manajemen pekerjaan perbaikan kapal di galangan atau perusahaan
harus mengetahui cara yang dapat membantu pemilik kapal dalam menghindari
masalah sehingga kapal segera dapat beroperasi kembali.
Secara prinsip ada 3(tiga) tahapan penting dalam
docking kapal bagi pemilik kapal adalah sebagai berikut:
1. Perencanaan sebelum kapal melaksanakan pengedokan (pre-docking). Pemilik kapal harus melakukan inspeksi langsung ke kapal. Tentunya dibantu oleh owner surveyor untuk menyusun spesifikasi teknis pekerjaan perbaikan kapal di galangan kapal dan menentukan pekerjaan yang mana saja yang bisa dijalankan sebelum kapal naik dock. Setelah itu pemilik kapal harus memutuskan pemilihan kepada galangan kapal mana yang tepat untuk kapalnya.
2. Pekerjaan perbaikan kapal
selama kapal docking. Pemilik kapal harus melakukan manajemen pekerjaan
perbaikan kapal di galangan kapal, mempunyai tenaga quality control biasanya
owner surveyor memiliki keahlian ini. Karena keahlian owner surveyor ini harus
seiring dengan pekerjaan yang dilakukan oleh QC galangan kapal. pemilik kapal
harus melakukan penjadwalan akan semua kegiatan perbaikan kapal di galangan,
mengambil keputusan yang tepat.
3. Pekerjaan Post-docking.
Pemilik kapal harus melakukan negosiasi biaya-biaya yang timbul, membuat
manajemen yang dapat menggaransi semua pekerjaan perbaikan kapal dapat dijamin
keselamatannya termasuk pekerjaan sertifikasi dan asuransi.
Oleh karena itu, langkah yang paling tepat bila
tidak memiliki keahlian diatas adalah dengan menggunakan pihak ketiga yaitu
konsultan docking kapal yang independen untuk mengawasi proses pekerjaan
docking kapal. Hal ini menurut perhitungan akan lebih menguntungkan bagi
pemilik kapal atau investor kapal. Pemilik kapal cukup mengkonsolidasikan saja
semua spesifikasi pekerjaan perbaikan kapal dan bisa mendapatkan biaya yang
tepat dan akurat serta dapat memilih mana yang terbaik untuk kebutuhan
perusahaan.
Disamping pekerjaan tersebut di atas, pemilik
kapal harus dapat merencanakan jadwal secara terperinci berdasarkan tanggal
jatuh tempo kapal docking dan spesifikasi pekerjaan perbaikan kapal berdasarkan
pada formulir permintaan perbaikan kapal dari surveyor atau ABK. Pemilik kapal
harus bisa membandingkan biaya-biaya. Pengawasan selama kapal docking akan
membutuhkan kemampuan untuk negosiasi dengan galangan dan para supplier
material, komponen dan peralatan kapal yang dipasang di atas kapal untuk
mendapatkan harga terbaik.
Sjaifuddin Thahir
The Association of Indonesian Maritime Practitioners
Mobile : 0817188831
Email : sjaifuddin1963@gmail.com
Komentar
Posting Komentar